Terminologi Lalat

Lalat (musca) adalah sejenis serangga yang tidak perlu diperkenalkan lagi. Ia tergolong dalam ordo Diptera dan dikenal sebagai satu agen penyebar penyakit, disebabkan cara hidup dan sifatnya yang sering terbang ke tempat yang kotor. Namun begitu, tahukah kita betapa istimewanya ciptaan Allah bernama lalat ini? Menurut definisi Perancis kuno atau mungkin sekarang, lalat adalah sebutan untuk seorang mata mata (spionase) yang dikarenakan lalat bisa hinggap dan hidup dimana saja, baik tempat paling kotor atau tempat paling bersih, di tahun 1970-an lalat membantu para ahli forensik USA dalam memecahkan misteri pembunuhan, dan ribuan lensa pada mata lalat dijadikan inspirasi oleh para ahli Teknologi.

Seperti halnya saya, yang berkesempatan mencoba mengulas semua yang kebetulan melintas di pikiran dan hidup saya.

Monday 2 August 2010

Pindah Ibukota sama Pindah tempat duduk hampir miripkah ??

Fenomena baru di Indonesia adalah pindah Ibukota ... wow ... super Tera Proyek ... kenapa tidak ... ? ya ... proyek kalo menurut saya adalah proyek jalan pintas (sekali lagi ...) daripada menyelesaikan sistem yang cukup rumit memang lebih gampang pindah, meski ancaman yang sama akan datang beberapa puluh taun yang akan datang di Ibukota baru ...
Analisa saya, perpindahan ibukota suatu negara itu harus meperhitungkan beberapa faktor antara lain ..
  1. Faktor Keamanan, jelas itu .. kalo ibukota dekat dengan perbatasan negara kira2 sendiri aman apa enggak ... Coba bandingkan Daerah kalimantan kalo mau diserang negara sebelah gampang banget, beda jika ada di Jakarta, setau saya minimal harus punya kapal induk.
  2. Faktor Alam, mungkin di Jakarta pada takut tsunami jadi mau pindah ... tapi kapan tsunaminya ..?? atau sekedar paranoid aja ??
Makanya kalo menurut saya sih ada beberapa pertanyaan sebelu pindah Ibukota ...
  1. Akivitas yang bikin macet itu aktivitas apa ? Aktivitas pemerintahan (anggota DPR bikin macet..) atau aktivitas bisnis (orang kerja atau meeting) jawabnya aktivitas bisnis kan? kenapa pusat pemerintahan yang dipindahkan ?? kayanya ga nyambung, kenapa ga pusat bisnis aja yang disebar ke seluruh Indonesia
  2. Yang menyebabkan urbanisasi tu apa ? ke Jakarta pingin cari kerja, apa ke Jakarta pengen deket sama Presiden aja ...?? Jawabnya ya tetep pengen kerja lah ... jadi dua jawaban penyebabnya Jakarta penuh aktivitas bisnis...
  3. Punya duit berapa pindah Ibukota ?? Jawabnya baru renovasi pagar istana negara aja udah habis milyaran, gimana bangun istananya ... dan ingat ya, sebelum bangun suatu proyek harus survey, pemetaan, land clearing, uruk dan pengurukan .... apa mau utang lagi ya ??
Kesimpulannya, ya mending ga usah mikir macem2 lah ... sejahterain aja dulu masyarakat,dengan cara menyebar pusat2 bisnis ke seluruh Indonesia, maka akan menyerap tenaga kerja yang banyak, kalo dah kenyang di kampung kan ga mungkin pergi ke Jakarta, akhirnya Jakarta bisa terkendali ..... Ingat, pindah ibukota itu ga kaya pindah kursi aja ... kalo pindah tempat duduk sih bisa gratis, dan kita tidak hidup di jaman Nabi Sulaiman a.s yang membuat istana sekejap mata ... apa mau ngerahin pasukan jin ???

No comments:

Post a Comment