Terminologi Lalat

Lalat (musca) adalah sejenis serangga yang tidak perlu diperkenalkan lagi. Ia tergolong dalam ordo Diptera dan dikenal sebagai satu agen penyebar penyakit, disebabkan cara hidup dan sifatnya yang sering terbang ke tempat yang kotor. Namun begitu, tahukah kita betapa istimewanya ciptaan Allah bernama lalat ini? Menurut definisi Perancis kuno atau mungkin sekarang, lalat adalah sebutan untuk seorang mata mata (spionase) yang dikarenakan lalat bisa hinggap dan hidup dimana saja, baik tempat paling kotor atau tempat paling bersih, di tahun 1970-an lalat membantu para ahli forensik USA dalam memecahkan misteri pembunuhan, dan ribuan lensa pada mata lalat dijadikan inspirasi oleh para ahli Teknologi.

Seperti halnya saya, yang berkesempatan mencoba mengulas semua yang kebetulan melintas di pikiran dan hidup saya.

Wednesday 3 December 2008

Managemen Sepakbola ... (S.O.P series)

Dalam sepakbola Indonesia, kita melihat bahwa klub memiliki 2 kepemimpinan, yaitu Pelatih dan Managemen yang dikomandoi oleh Manager, melihat sepakbola Indonesia yang kian hari kian terpuruk, seharusnya tidak berimbas terhadap mutu suatu tim. Manager harus dituntut lebih proaktif dalam bekerja misal harus mulai berusaha mencari sponsor untuk tim karena pemasukan dari tiket di Indonesia kurang mencukupi untuk menunjang kehidupan tim dan bekerja dengan efektif dan efisien untuk mengatur tim agar lebih mengena ke semua target.

Dalam kasus di PSS Sleman, managemen terlihat kurang harmonis dan tidak memahami aspirasi dari pemain yang dalam, mereka hanya memberikan presure dan yang parah lagi tekanan tersebut untuk menutupi kekurangan dari managemen, pemain hanya dianggap sebagai objek yang harus menurut perintah dari atasan yang tidak bisa ditawar, sehingga target dari pelatih sering tidak mengena dan akhirnya berpengaruh pada hasil pertandingan. Manager terlalu menekankan program dan proyeknya yang terlalu dipaksakan dan terlalu jalan pintas, tanpa adanya sambungrasa dan komitmen yang kuat dari pihak managemen, kepada pemain sendiri sehingga membuat pelatih yang mengetahui personalia dan karankter pemain hanya sebagai juru bicara dan penonton, serta tidak mempunyai kekuasaan sebagai pemegang strategi di dalam lapangan untuk menjelaskan tentang apa saja yang bisa menggangu mental anak buahnya.

Dalam dunia sepakbola modern, manager tim berada ditangan pelatih, dengan diberinya pengasahan terlebih dahulu tentang managemen sepakbola yang merupakan struktur tersendiri yang lain dari managemen yang kita kenal di dunia bisnis dan mungkin hanya bisa dipahami oleh pelatih. Model pelatih sekaligus manager ini diIndonesia pertama kali dilakukan oleh Arema Malang, selain melakukan efisiensi terhadap posting2 yang tidak efisien juga menghindari terjadinya dualisme kepemimpinan yang sering berakhir pada konflik baik terbuka maupun tersembunyi antara manager dan pelatih dan juga memangkas garis birokrasi yang harus dilalui oleh pemain untuk memyalurkan ide dan aspirasi.

Memang dunia sepakbola adalah dunia dimana sikap sportifitas dan bisnis dipersatukan, yang didalam dunia management sendiri belum bisa dijabarkan dengan jelas tapi hanya bisa dilakukan oleh personal2 yang hidup dalam dunia sepakbola.

No comments:

Post a Comment